Life After Campus 2019

Life After Campus 2019

Kontribusi alumni merupakan aspek yang sangat penting bagi kemajuan Jurusan Psikologi,Universitas Brawijaya. Sepak terjang alumni selepas menyelesaikan studi di kampus menjadiparameter keberhasilan proses belajar mengajar, sehingga selalu dipantau dan dicermati. Banyakalumni yang telah berhasil menapaki beragam bidang karier baik di bidang industri, pendidikan,BUMN, dan wirausaha yang dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa psikologi sebagai inspirasi pilihan karier selepas lulus. Untuk itu, jurusan psikologi Universitas Brawijaya mengadakan acara yang bertajuk ‘Life After Campus: Inspirasi Alumni untuk Mahasiswa Psikologi’.

Acara yang diadakan pada tanggal 27 Agustus 2019 di Aula Gedung C lantai 3 FISIP ini terdiri dari dua kegiatan utama. Yang pertama yaitu ‘Talkshow’ yang menyasar mahasiswa angkatan 2016 dengan pemateri Shelly Saraswati Utami, S.Psi (HR Recruitment & Development) dan Vonny Syafira Hariyanto, S.Psi., M.A. (Founder of Kham Thai Tea dan Kapan Kopi) yang merupakan alumni psikologi. Selain dari alumni psikologi, salah satu pemateri talkshow adalah perwakilan dari PT Santos Jaya Abadi, yaitu Patricia Febriani Oetomo, M.Psi, Psikolog yang menjelaskan mengenai gambaran profesi psikologi di bidang industri.

Talkshow yang dimoderatori oleh Ibu Yunda Megawati, M.Psi diikuti dengan antusias oleh para peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa tingkat akhir. Pemateri pertama, Shelly Saraswati Utami menekankan pentingnya soft skill (seperti komunikasi) dan keterampilan lain untuk sukses di dunia kerja. Selain itu, penting bagi mahasiswa untuk menentukan tujuan jangka panjang minimal 5 tahun ke depan. Pembicara kedua yaitu Vonny Syafira Hariyanto berpesan pada mahasiswa bahwa hidup ini dinamis, sehingga penting bagi kita untuk menjadi individu yang fleksibel namun tetap memiliki tujuan utama. Vonny juga menekankan bahwa pintar saja tidak cukup untuk bisa survive di dunia nyata, karena yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengolah skill utamanya dalam berwirausaha. Dengan suasana yang cair dan penuh keakraban, pesertapun terdorong untuk bertanya pada pemateri dan berlanjut pada diskusi dua arah yang insightful. Adapun pemateri talkshow terakhir yaitu Patricia Febriani Oetomo menjelaskan secara detail mengenai tips dan trik untuk sukses melamar pekerjaan, disertai dengan contoh-contoh yang menarik. Ia juga membagikan doorprize bagi peserta yang aktif bertanya dan bisa menjawab pertanyaan dari pemateri.

Acara kedua yaitu ‘Professional Expo’ yang menyasar seluruh mahasiswa psikologi, dengan pemateri yang terdiri dari para alumni psikologi Universitas Brawijaya yaitu Arianingsih, S.Psi., Onie Herdysta, S.Psi., Wildan Maulana, S.Psi., Ana Ardhillah, S.Psi., Rafida Riahta, S.Psi. M.Psi, Risa Juliadilla, S.Psi., M.Psi., Menik Ambarwati, S.Psi. yang memiliki latar belakang karier yang beragam. Professional Expo diadakan dengan menggunakan konsep pameran dan presentasi poster yang berisi pengalaman karier serta prestasi masing-masing alumni. Dengan konsep ini, diharapkan mahasiswa dapat berinteraksi lebih dekat dengan para alumni serta dapat melakukan tanya-jawab dengan leluasa kepada para alumni mengenai persiapan menghadapi dunia kerja. Peserta professional expo didominasi oleh mahasiswa baru angkatan 2019 yang sangat antusias mengikuti expo. Mereka tidak sungkan untuk bertanya kepada para alumni, bukan hanya tentang karier mereka namun juga bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa. Para alumni memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan pesan-pesan serta tips bagi mahasiswa untuk selalu berkiprah dan berprestasi selama masa kuliah, agar di kemudian hari tidak kesulitan mencari pekerjaan. Acara ditutup dengan ramah tamah dan silaturahmi para alumni dengan para dosen jurusan psikologi di ruang dosen gedung A lantai 4 jurusan psikologi Universitas Brawijaya.

Leave a Reply